Sunday, February 12, 2006

Realita Baru Kemenangan Hamas

Undangan Persiden Rusia, Vladimir Putin, kepada Hamas untuk melakukan pertemuan dengannya di Moskow bulan ini telah menimbulkan reaksi keras dari Israel. Uluran tangan yang diberikan oleh Rusia ini mendapat dukungan kuat dari Perancis yang juga menyatakan keinginan Perancis untuk mengadakan pertemuan dengan Hamas.

Sikap yang ditunjukkan oleh Rusia maupun Perancis ini menarik untuk disimak setelah terjadi reaksi berlebihan dan penuh kekhawatiran di negara-negara barat pasca kemenangan Hamas didalam pemilu Palestina.

Hamas sebagai pemenang mutlak dalam pemilu di Palestina akhir bulan Januari lalu, 76 kursi dari 132 kursi yang diperebutkan, berhak untuk membentuk pemerintahan yang baru di Palestina menggantikan pemerintahan Presiden Mahmoud Abbas. Akan tetapi pengecapan Hamas sebagai organisasi teroris oleh AS dan negara-negara UE (Uni Eropa) dan piagam Hamas yang menginginkan hilangnya negara Israel dari dunia telah meletakkan organisasi pemenang pemilu ini kedalam situasi yang sulit.

Sebagai organisasi militan, kemenangan Hamas telah menimbulkan reaksi berlebihan dinegara-negara barat dimana mereka meminta kepada Hamas untuk menghentikan penggunaan kekerasan untuk tujuan politik dan mengancam akan menghentikan bantuan internasional kepada Palestina apabila Hamas membentuk pemerintahan yang baru di Palestina.

Pemerintah Israel melalui Menteri Luar Negerinya, Tzipi Livni, bahkan menyatakan pada hari Minggu kemarin bahwa Pemerintah Israel tidak akan pernah mau mengadakan perundingan perdamaian dengan Palestina apabila Hamas membentuk pemerintahan yang baru, pemerintahan tunggal maupun koalisi.Penjabat sementara Perdana Mentari Israel, Ehud Olmert, secara terang-terangan mengatakan bahwa apabila Hamas membentuk pemerintahan yang baru di Palestina, maka yang ada bukanlah Penguasa Palestina tetapi Penguasa Hamas.

Selain itu pemerintah Israel juga menyatakan keinginannya agar Amerika Serikat memaksa Rusia menjaga sikap keras yang selama ini ditunjukkan oleh negara-negara barat terhadap Hamas.

Hamas selama ini telah mempunyai reputasi buruk dimata Israel dan dunia internasional, terutama dimata negara-negara barat yang selama ini telah menganggap Hamas sebagai pelaku teror yang harus dihilangkan. Sebab telah banyak korban rakyat sipil yang mati akibat bom bunuh diri yang dilakukan oleh pejuang-pejuang Hamas.

Akan tetapi keputusan Hamas untuk mengikuti proses demokratis melalui pemilu untuk mewujudkan impiannya membebaskan Palestina telah memberikan makna lain yang harus diperhatikan.

Sejarah telah menunjukkan bahwa tanggung jawab yang melekat kepada sistem politik demokratis sering kali mampu menundukkan ideologi-ideologi yang militan. Dengan keputusan Hamas untuk mengikuti proses politik demokratis dalam bentuk sebuah pemilihan umum telah mengantarkan Hamas kepada pilihan untuk memoderatkan ideologi politiknya. Karena hanya dengan melalui usaha inilah Hamas bisa mendapatkan dukungan yang besar dari rakyat Palestina.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh pimpinan teras Hamas pasca kemenangan pemilihan umum juga mendukung hipotesa ini. Keinginan Hamas untuk membentuk sebuah pemerintah Palestina baru yang terdiri dari seluruh unsur masyarakat dan faksi politik di Palestina menunjukkan perubahan sikap politik Hamas. Selain itu, Hamas juga telah menyatakan kesediaannya untuk memberikan respon positif terhadap tawaran negosiasi dan perundingan perdamaian yang diberikan oleh pemerintah Israel. Sikap-sikap dan keputusan-keputusan politik yang ditunjukkan oleh Hamas ini telah menjadi bukti yang signifikan atas perubahan sikap militan Hamas pasca pemilu.

Meskipun Hamas belum mau menghilangkan isi piagam Hamas yang menginginkan penghilangan Israel dari muka bumi, tetapi perubahan sikap politik Hamas untuk bersedia melakukan perundingan dengan Israel telah memperbesar kesempatan realisasi solusi perdamaian dua negara, Palestina dan Israel, di Timur Tengah.

Reaksi keras dan penuh dengan kekhawatiran negara-negara barat terhadap masa depan proses perdamaian di Timur Tengah pasca kemenangan Hamas seakan mulai berubah melalui sikap kerjasama yang diberikan oleh Rusia dan Perancis. Meskipun sikap ini mendapatkan tentangan yang keras dari Israel, tetapi sikap Rusia dan Perancis ini menunjukkan sikap kedewasaan politik di negara-negara ini sebagai reaksi positif atas proses demokratisasi di Palestina.

Sikap militan Hamas juga seakan mulai berubah menjadi moderat ketika ia memutuskan untuk mengikuti pemilihan umum. Kemenangan mutlak Hamas dalam pemilihan umum ini memaksa Hamas untuk mempertanggungjawabkan kepercayaan rakyat Palestina dalam bentuk kebijakan politik yang bisa membawa kearah perdamaian yang langgeng dan kehidupan sosial-politik serta ekonomi yang lebih baik di Palestina.

Pilihan dilematis Hamas antara meneruskan sikap militannya dan memoderatkan sikap politiknya melalui kerjasama politik dengan semua faksi yang ada di Palestina dan dengan masyarakat internasional akan menjadi titik penting jalannya proses perdamaian di Timur Tengah.

Apabila memang Hamas benar-benar berkeinginan untuk memperbaiki kehidupan sosial-politik serta ekonomi di Palestina, hanya pilihan kedualah yang bisa membantu pencapaian cita-cita ini. Selain itu, sikap baru yang ditunjukkan oleh pemerintah Rusia dan Perancis juga diharapkan bisa menjadi penyulut sebuah reaksi berantai proses perdamaian di Timur Tengah.

Sementara sikap keras kepala yang ditunjukkan oleh pemerintah Israel hanya menjadi sebuah bukti keengganan Israel untuk menghormati dan menerima proses politik demokratis di Palestina dan keinginan Israel untuk mendominasi politik dunia melalui Amerika Serikat.

Your Ad Here

3 Komentar:

Anonymous Anonymous Berkata...

Well done!
[url=http://efaduics.com/lgec/ygob.html]My homepage[/url] | [url=http://yzbeedfb.com/piuc/fpzb.html]Cool site[/url]

11:52 AM  
Anonymous Anonymous Berkata...

Great work!
My homepage | Please visit

11:53 AM  
Anonymous Anonymous Berkata...

Good design!
http://efaduics.com/lgec/ygob.html | http://ayoaynqx.com/evbb/arti.html

11:53 AM  

Post a Comment


Your Ad Here

Your Ad Here


Kembali Depan